Laman

INILAH DIRIKU

Foto saya
I like most related to education, parenting. You have any problem with this...I'll help you.

Senin, 27 September 2010

Dukungan orang tua terhadap anak yang mempunyai kehendak tidak sesuai dengan orang tua

Enak benar yach jika kita mempunyai anak dimana kehendaknya pasti dapat kita arahkan dengan mudah. Tapi apakah itu yang dikehendaki oleh setiap orang tua dan jika kita memang mengehendaki demikian belum tentu anak akan bahagia.Banyak orangtua yang dulunya juga menjadi anak merasa menyesal karena keinginan/minatnya tidak dapat disetujui oleh orangtua sendiri dan akhirnya penyesalan itu berujung tidak bahagia.

Hari minggu seperti biasa saya nonton acara Kick Andy di Metro karena tidak mau ketinggalan setiap episodenya selalu membuat kita mempunyai pengalaman hidup dari berbagai macam masalah atau topic. Nach kali ini yang ditayangkan adalah mengenai beberapa anak yang mempunyai potensi atau talenta dimana dukungan orang tua memang betul harus diberikan dari awal.

Yang saya amati pertama kali adalah ketika ada anak yang belum kelihatan potensinya karena memang masih kecil sekitar 8 tahun. Namun, orang tua baik ayah dan ibunya yang jago balap motor itu selalu membawa putranya itu ke sirkuit ketika mereka bermain. Anak mungkin memperhatikan apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Dari sana dia mulai memperlihatkan keinginannya untuk mencoba. Lalu orang tua pun memberikan apa yang diinginkan anaknya walaupun pada saat itu orang tua belum mampu memberikan yang terbaik seperti baju balap yang memang bagus tetapi menggunakan baju ibunya yang sangat tidak cocok. Setelah keinginan anak terpenuhi karena sudah ada dukungan orang tua, dia mulai mempraktekkannya dan akhirnya dia mulai ikut dalam lomba atau ajang nasional sampai international dan sekarang keberhasilan demi keberhasilan sudah diraihnya.
Dalam hal ini dukungan orang tua tentunya sangat mudah dilakukan karena keinginan anak adalah sesuai dengan keinginan dengan orang tua.

Bagaimana jika keinginan anak tidak sesuai dengan orangtua? Seorang anak yang lain ketika diajak oleh ayahnya bermain golf. Pastinya anak itu belum menemukan apa yang menjadi keinginannya karena dia hanya ikut saja . Sementara ayah bermain, dia memperhatikan. Dia mencoba apa yang dilakukan oleh ayahnya. Dari hasil coba mencoba, dia mulai belajar di suatu tempat yang formal. Pada suatu ketika ikut turnamen golf yang belum begitu besar, dia kalah. Namun disini merupakan titik balik dari anak untuk makin ingin belajar bagaimana menjadi pegolf profesional. Jadi dia menempa dirinya dan akhirnya dia berhasil menjadi golf junior. Dia ingin sekali meneruskan untuk menjadi pegolf professional dan kurang minat pada bidang akademis. Sementara ayah dan ibu sebenarnya sangat keberatan dengan apa yang diinginkan oleh putrinya. Bagaimanapun, ayah dan ibu tetap terus mendukung sementara apa yang dikerjakan oleh anaknya tetapi memberikan suatu nasihat yang berharga agar dia tidak menelantarkan bidang akademisnya karena menjadi pegolf haruslah seorang yang mempunyai intelektual tinggi.

Beberapa tips bagi orangtua yang harus mendukung anak dimana kehendak anaknya ini tidak sesuai dengan kehendak orang tua:

1. Memenuhi kebutuhan anak secara moril dan psikis
Kasih sayang, perhatian, memperhatikan tugas , aktifitas minat dari anak

2 Arahkan dan berikan yang dibutuhkan untuk menunjang aktifitas/minat anak.

3 Berikan waktu dan perhatian terus menerus dalam latihan dan support moral jika anak sudah dapat mengikut lomba/pertandingan/kegiatan yang sifatnya kompetisi.

4 Berikan motivasi jika minat /bidang/ketrampilan yang diminati anak itu tidak dapat mem berikan keamanan untuk masa depan anak supaya anak dapat mengambil langkah berikutnya.

5 Sebagai orang tua selalu mendampingi anak dalam perjuangan pencapaian minat yang memang bukan dikehendaki orang tua karena ORANG TUA adalah orang yang utama dan terutama bertanggung jawab atas pendidikan dan masa depan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar