Laman

INILAH DIRIKU

Foto saya
I like most related to education, parenting. You have any problem with this...I'll help you.

Senin, 18 Oktober 2010

KISAH SEKUNTUM MAWAR


Ketika saya membaca judul diatas di harian Kompas pada tanggal 15 Oktober 2010 oleh penulis Maria Hartinginsih maka timbulah keinginan tahu saya untuk melihat lebih jauh apa sebenarnya yang ingin diceritakan oleh Guru besar , Thich Nhat Hann dari Plum Village, Perancis ketika bercermah di Caringin Bogor.

Kita sering melihat bunga mawar sekilas saja dan langsung mengatakan bahwa bunga mawar itu indah. Namun jika kita teliti lebih dalam lagi ke dalam, kelompok demi kelopak, timbul kesadaran bahwa dalam bunga mawar ada awan, matahari, udara, mineral, tanah dan memperlihatkan ketekunan cinta dari orang yang memeliharanya.
Apa yang ingin dikatakan oleh beliau disni adalah bunga itu mempunyai berbagai elemen dan keindahannya tidak akan timbul tanpa adanya eksitensi dari orang yang lain atau bagian lain yang ikut memperindahnya.

INTERBEING
Suatu hal baru bagi kita untuk mengetahui bahwa hidup ini terikat satu sama lain di jagad Raya . Seperti instropeksi dan ketika interbeing ada maka akan timbul kearfian melihat yang lain itu sebagaimana seharusnya bukan dari kaca mata yang salah.

MENYENTUH HAKIKAT
Kita sering membuat persepsi yang salah. Jangan melihat sesuatu dari bentuk dan tanda dari luar tetapi harus mempunyai kesadaran apa makna dibalik dari tanda itu.

Potongan puisi Dewi Anggraeni dan Adityawarman Idris

All religions/all this singin is one song
Milk drinkers draw close
To the mothers, Moslems, Christians, Jews, Buddhists,
Hindus Shamans
Everyone hears the intelligent sound
And moves, with thirst to meet it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar