Laman

INILAH DIRIKU

Foto saya
I like most related to education, parenting. You have any problem with this...I'll help you.

Selasa, 10 Agustus 2010

MATA


Seorang teman lama menelponku. Bercerita tentang keinginannya untuk mengoperasi mata katarak yang sebelah kanan karena mata sebelah kiri sudah berhasil dioperasi seminggu sebelumnya. Temanku ini jomblo jadi dia minta tolong apakah aku bersedia menemaninya pada hari kedua pada waktu kontrol.

Terbayang olehku operasi katarak , 10 tahun yang lalu adalah momok bagi mereka yang mau operasi karena keberhasilannya belum didukung oleh alat yang canggih seperti sekarang ini karena pengalaman dari ayahku sendiri . Dulu operasi dilakukan dengan pisau bedah.Mata kiri ayah berhasil 75% melihat terang tetapi dengan memakai kacamata tebal sedangkan mata kanan tidak berhasil dan tidak bisa melihat sama sekali.

Lho bagaimana sekarang ini bisa enak gitu kalau mau operasi katarak. Dokternya sich tidak memberitahukan secara teknis bagaimana cara mengoperasi dan kenapa menggunakan lasik.

Tapi dari keterangan yang didapatkan dari temanku, secara singkat dia menjelaskan bahwa katarak saat ini bisa dengan lasik. PErtama dibuat flap pada kornea mata. Tentu pembuatannya juga menggunakan sinar laser. Flap dibuka dan bagian dalam kornea disinar dengan laser sheingga terbentuk permukaan kornea mata baru. Setelah penyinaran selesai maka dikembalikan ke posisi semula. Dalam waktu 3 menit flap akan melekat dan tanpa ada jahitan. Nach kalau katarak dimasukkan semacam lensa untuk menggantikan kaca mata kita.

Wah, temanku sekarang jadi senang sekali ngga usah pakai kacamata minusnya 4 dan matanya jadi terang benderang... Baru tahu dech saya kalau laser itu sangat canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar